RSS

Chocolate Lovers


Pertama kali di Singapore, saya disuguhkan sekotak white chocolate mungil yang hadir dalam dalam berbagai bentuk yang indah.

Begitu menarik, saya langsung mencobanya. Dan...enak banget!

Kembali ke Indonesia, saya mulai tertarik dengan Coklat. Saya mulai mencoba coklat yang dijual di supermarket Jakarta...Namun, tidak ada yang rasanya mendekati White Chocolate tersebut.

Nyaris 5 tahun berlalu dan saya sudah tidak makan coklat lagi. Bosan.

Sampai beberapa waktu yang lalu, saya bertemu dengan sekelompok manusia penggemar coklat. Dari mereka, saya mulai tahu tentang macam-macam coklat dan dimana saya bisa mendapatkan coklat yang enak.

Just mention a few:

ROYCE Chocolate (E-Royce)

A Japanese Chocolate with reasonable price that avalaible in Singapore and Japan. Produk ROYCE Chocolate ada bermacam-macam, dan pilihan saya jatuh ke NAMA Chocolate (lihat gambar).

Setiap kotak berisi 20pcs chocolate blocks covered by cacao powder. There is a plastic spoon to help you eat the Chocolate.

NAMA Chocolate juga memiliki berbagai pilihan rasa seperti:
NAMA Chocolate Champagne (beralkohol)
NAMA Chocolate Cherry Marnier beralkohol)
NAMA Mild Cacao (tidak beralkohol)

Sesuai rekomendasi teman, saya membeli Nama Chocolate Champagne & Cherry Marnier (Au Lait). The Chocolate, it's creamy and smooth. You can taste a slight of bitterness of the cacao powder, and the-rich-chocolate flavour melts in mouth. The chocolate won't melt on your hand, it melt in your mouth.

Batas Kadaluarsa: 1 bulan

VALRHONA


Don't say you love Chocolate until you try Valrhona.

Valrhona adalah coklat asal Prancis. They also make a several different kinds of chocolate bar. I have tried several of them and stuck with Manjari and Caraibe. Rasa coklat ini lebih banyak pahit, namun samar-samar terdapat rasa fruity (pada Manjari, Tainori) dan nutty (pada Caraibe).

Tidak banyak tempat yang menjual coklat Valrhona di Indonesia. Saya cuma tahu yang di Surabaya, sebuah toko bernama IGOR.

LINDT

Coklat ini jauh lebih gampang ditemukan di Indonesia. Harganya nggak bisa dibilang murah,tapi ada harga ada kualitas.
Saya suka banget sama Lindt Swiss Chocolate. Ada sedikit rasa manis dan tidak terlalu pahit (kecuali yang dark Chocolate)

Variety of Chocolate

A friend of mine, Jeffry Lukito, told me about this:

"Pada dasarnya bahan utama coklat ada 2, yaitu: Lemak dan Cacao Mass.
Ketika biji Coklat di olah akan menghasilkan: Cacao Fat dan Cacao Mass.

Cacao Fat digunakan untuk membuat Couverture Chocolate.
Couverture Chcocolate terasa creamy dan lebih mudah meleleh di dalam mulut.

Selanjutnya, sisa Cacao Mass tadi dicampur dengan Vegetable Fat (Lemak Kelapa Sawit) dan biasanya digunakan untuk melapisi candy bar. Ini disebut Compound Chocolate. Contohnya: M&M, coklat dekorasi.
Tujuan penambahan Vegetable Fat juga agar coklat tidak mudah meleleh.

Dark Chocolate lebih sehat karena tidak ada campuran susu / cream. Which means less sugar.
Untuk membedakan antara Converture Chocolate dan Compound Chocolate bisa dilihat di bagian belakang kemasan Coklat tersebut. Compound Chocolate memiliki kandungan Vegetable Fat."

"Once in a while I say, 'Go for it' and I eat chocolate." - Claudia Schiffer

So, is there anyone who also love chocolate? Feel free to share your thought :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

8 comments:

Unknown said...

blaaahhh...!!
gw penasaran dengan semua coklat yang lw ceritain ini..
looks so YUMMY...!
well, you're lucky to join on that group..
gw gak terlalu banyak tw tentang jenis2 coklat..
jadi bisa dibilang gw pecinta coklat tanpa pengetahuan yang banyak tentang coklat..
yang pasti gw suka banget sam acoklat yang ada rasa rum / yang mengandung alkohol , mint, dark coklat..
gw rasa gw suka sama semua jenis coklat, kecuali coklat yang ada buahnya
:D

Phil 'o' Sophy said...

Heeheeeyy.. aku juga suka yang ada rasa rum/alkohol. Mengeluarkan bau-bau harum yang menggoda untuk memakan coklatnya :P

Maksud u, Coklat yang ada jelas ada buahnya kayak kacang gitu?
Nahh... eke juga nggak suka yang ky gitu :)

brandnewice said...

waaaaaaaaaaaaaaaaaaaa aku dark-chocolate lovers XD
rasa pahitnya mantaaab dan disusul dengan rasa manis kyahaha ada gak ya yang jual coklat bermutu (dark, especially) deket Depok? i guess not, haha

Phil 'o' Sophy said...

Gak pernah main ke Depok :(
Palingan di mall-mall besar.
Im not a big fan of Dark Chocolate. Tapi temen-temenku suka sama Lindt. Yang 70% juga udh pahit mantap.

brandnewice said...

Waaaaah mesen bisa gak? pengen kepengen ihh haha harganya beropo toh?

Phil 'o' Sophy said...

Nanti coba aku cariin yah kalo udh balik ke Serpong :)

Yasmin said...

Kalo gue paling suka chocolate mercy, enak banget deh :)

Anonymous said...

wwwaaaaaaahhhhhhh....mauu donk gabung di grup pecinta coklat..lv it so much..<3

Post a Comment